IT Tips

  
Tips Memilih Server Kantor



Penggunaan teknologi infomasi di dalam suatu perusahaan telah mengubah banyak hal. Produktivitas suatu perusahaan hingga administrasi menjadi lebih mudah dan lebih aman. Akan tetapi dalam suatu perusahaan tentunya setiap komputer yang ada hendaknya saling terhubung dalam stuatu jaringan sehingga memungkinkan setiap komputer untuk dapat saling berbagi resource. Untuk mengatasi hal ini, tentunya dibutuhkan satu management yang baik. Komputer server adalah satu komputer khusus yang difokuskan untuk melayani komputer-komputer lain. Karena komputer ini bertugas untuk melayani komputer satu kantor, tentunya spesifikasinya harus dipertimbangkan dengan seksama.

Memilih komputer server sebenarnya merupakan pekerjaan yang cukup sulit. Ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Beberapa pertimbangan yang hendaknya diperhatikan adalah kebutuhan saat ini, performa dan harga. Hal-hal tersebut adalah hal utama yang harus dipertimbangkan. Kebutuhan komputasi kantor tentunya tidak akan tetap. Kelak pasti akan bertambah. Hal ini juga harus dipertimbangkan. Untuk lebih memudahkan dalam memilih server kantor, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan acuan.

Kenali Kebutuhan Dasar


Sebelum menentukan pilihan, kenali dulu kebutuhan dasar perusahaan tersebut. Kebutuhan apa yang ingin diselesaikan dengan adanya server ini dan skala perangkat yang harus mampu dilayani oleh server tersebut harus dikalkulasi secara tepat. Meski tidak tepat secara 100%, paling tidak sudah mencukupi kebutuhan saat ini. Asumsikan perkembangan jaringan komputer perusahaan kedepannya. Hal ini bertujuan agar kelak jika ada pengembangan jaringan, server yang dipilih masih dapat mengatasi perubahan tersebut sehingga tidak perlu membangun infrastruktur jaringan terlalu sering.


Dalam memilih server, sebaiknya pilih server yang memang telah teruji. Mengumpulkan banyak informasi terkait dengan spesifikasi dan kemampuan dari beberapa merk komputer server akan membantu dalam menentukan server yang paling sesuai dengan kebutuhan. Beberapa merk mungkin memiliki spesifikasi yang mirip, akan tetapi dalam hal-hal tertentu biasanya ada perbedaan performa. Jika dihadapkan pada beberapa pilihan yang hampir mirip semua, lebih baik pilih merk komputer server yang menawarkan layanan servis terbaik dan termudah. Akan tetapi pastikan juga untuk mempertimbangkan harganya. Pilih server yang menawarkan harga yang paling masuk akal dengan layanan dan kemampuan yang diberikan oleh server tersebut.




 Pertimbangan Kompatibilitas Server dengan Sistem

Kompatibilitas server dengan system juga harus dipertimbangkan. Jangan sampai memilih server dengan spesifikasi tinggi dan dengan teknologi terbaru akan tetapi saat disinkronisasikan dengan system yang telah ada justru tidak kompatibel. Untuk itu, pastikan untuk mempertimbangkan apakah server tersebut mendukung system yang telah ada pada kantor tersebut. Selain itu pastikan juga untuk memilih server yang juga mendukung teknologi terbaru, jadi jika akan melakukan upgrade system, hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan juga lebih murah. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan garansi yang diberikan.







 ---------------------------------------------------------------------------------

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Kantor



Latar Belakang


Manajemen perkantoran adalah rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan hingga penyelenggaraan terhadap suatu hal berjalan tertib. Dalam perkantoran modern segala kegiatan manajemen perkantoran dikerjakan dengan menggunakan alat-alat otomasi perkantoran, diantaranya adalah perangkat komputer dengan berbagai software yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan perkantoran, perangkat komunikasi yang memadai, kantor virtual, organisasi virtual, dan lain-lain.

Sistem informasi teknologi dibutuhkan dalam manajemen perkantoran modern dalam menjalankan aktifitasnya, yaitu untuk mencatat segala transaksi yang terjadi dalam kegiatan perkatoran tersebut, selain itu juga untuk mengolah data-data transaksi tersebut sehingga menjadi informasi yang lebih berguna berbentuk laporan. Dari waktu ke waktu informasi mengalami perkembanagan yang sangat cepat seiring dengan perkembangan ilmu teknologi informasi, dengan berkembangnya teknologi informasi maka para pengguna informasi semakin mudah memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan, namun perkembangan tersebut harus di imbangi dengan perkembangan Sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana informasi yang memadai.

Informasi dalam perkantoran merupakan informasi yang selalu bisa digunakan oleh pelaku atau personel yang beraktifitas didalam kantor tersebut ataupun berupa informasi yang sifatnya untuk umum. Dengan bebagai macam jenis maupun tingkat pentingnya suatu informasi yang harus disampaikan antara sumber-sumber informasi dengan penerima informasi, maka perlu adaya pengaturan sistem didalam pengelolaan informasi tersebur, yang biasa disebut sebagai Sistem Informasi Manajemen Perkantoran. Sistem tersebut bejalan dan berkembang didalam perkantoran dan merupakan Sumber daya konseptual sangat penting untuk mendukung berlangsungnya aktifitas perkantoran. Berdasarkan pemaparan diatas kami tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai Pemanfaatan teknologi informasi pada suatu kantor.

Teknologi Informasi
Pengertian teknologi Informasi yang mudah dipahami adalah: “perolehan, pemorosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi baik yang berbentuk angka, huruf, gambar, maupun suara dengan suatu alat electrinics berdasarkan kombinasi antara perhitungan (computing) dan komunikasi jarak jauh (telecomunications)”.

Perlu diketahui apabila pada masa lalu penanganan infoemasi mengandalkan pada kertas, artinya semakin banyak informasi semakin banyak kertas dibutuhkan atau disimpan, sedangkan sekarang, hal itu beralih kepada “impulses” elektrik yang berukuran mini dengan kemampuan simpan lebih besar dibandingkan kertas; misalnya sekarang atu disket/floppy dapat memuat atau diisi  sejumlah informasi dari satu buku berukuran sedang. Tidak dipungkiri bahwa peranan kertas akan tetap penting sebagai media penyajian informasi atau tukar menukar informasi antar manusia atau oragnisasi (sering diistilahkan sebagai “hardcopy”).

Kantor adalah tempat dan proses penanganan informasi. Dari pengertian ini dapat dipahami bahwa pekerjaan kantor adalah semua kegiatan yang bertalian dengan penanganan informasi yang berkaitan dengan bidang tugas dari kantor/instansi yang bersangkutan. Pengertian teknologi Informasi yang mudah dipahami adalah: “perolehan, pemprosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi baik yang berbentuk angka, huruf, gambar, maupun suara dengan suatu alat electrinics berdasarkan kombinasi antara perhitungan (computing) dan komunikasi jarak jauh (telecomunications)”.
Ada tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu komputer, mikro elektronik, dan telekomunikasi.

  1. Komputer, yakni mesin elektronik yang mampu untuk membuat kalkulasi dengan kapasitas yang besar dan sangat cepat.
  2. Mikro elektronik, yaitu rancang bangun (design) penerapan dan produksi dari peralatan elektronik yang berukuran sangat kecil, terdiri atas komponen-komponen yang rumit.
  3. Telekomunikasi adalah transmisi informasi melalui kabel atau gelombang radio.
 
Peranan Teknologi Informasi
Adanya kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap pekerjaan kantor. Pekerjaan kantor dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat. Di bawah ini dapat dilihat bagaimana teknologi informasi dapat membantu masing-masing pekerjaan kantor.
1. Penanganan Surat dan Pembuatan Laporan
Dengan diciptakannya mikro komputer yang sekaligus dapat berfungsi sebagai word processor, maka dengan menggunakan komputer semacam ini penyelesaian surat-surat dan laporan sangat dipermudah,  cepat, dan cermat.
Ada tiga jenis dasar word processor :

  • Word-processor yang berperan sendiri dalam hal ini sifat penggunaan word processor independen, dan hanya digunakan untuk pengolahan teks, terdiri atas keyboard , processor, memory,layar,dan printer.
  • Beberapa word processor digunakan secara bergabung sebagai suatu sistem, terdiri atas beberapa keyboard dan layarnya yang dihubungkan dengan komputer sentral yang berfungsi sebagai pusat pengolahan, penyimpanan dan pencetakan.
  • Beberapa micro computer dengan tujuan umum di mana digunakan program pengolahan kata (a word-processing program).
Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan word-processor :

  • Meningkatkan produktivitas dalam pengolahan dokumen, laporan atau surat, dan sebagainya.
  • Menambah kepuasan kerja
  • Meningkatkan kualitas dan konsistensi hasil akhir (output)
  • Menghemat tenaga
  • Mempermudah mengedit atau mengolah kalimat
  • Mempermudah memperoleh kembali data yangtersimpan
  • Kemampuan untuk mengintegrasikan wordprocessor dengan komputer-komputer lainnya.
Beberapa kerugian juga ada dalam penggunaan word-processor.

  • Memerlukan perubahan baik tata ruang fisik maupun prosedur kerja yang ada
  • Memerlukan pelatihan yang memadai
  • Menimbulkan gangguan pada mata karena terlalu banyak di muka layar
  • Mengurangi kesempatan kerja seperti pekerjaan kesekretariatan.
2. Komunikasi  Perkantoran
Komunikasi dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain melalui saluran. Komunikasi merupakan sarana yang menghubungkan orang-orang dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Dengan pesatnya kemajuan teknologi  modern, alat-alat komukasi beraneka-ragam, sarana komunikasi semakin canggih yang kita kenal dengan telekomunikasi (telecommunication) berasal dari kata tele artinya pemindahan jarak jauh dan communication yang berarti hubungan. Dalam pengertian yang sederhana, telekomunikasi adalah cara penyampaian informasi jarak jauh melalui kabel/kawat listrik atau melalui gelombang radio. Telepon dan telegram merupakan telekomunikasi yang cukup tua.
Dengan kemajuan teknologi informasi, maka telekomunikasi makin dipermudah dan dipercepat. Informasi tidak saja dapat dikirimkan dalam bentuk kata-kata dan sandi-sandi seperti halnya dapat dilakukan melalui telepon dan telegram, tetapi dapat dikirim dalam bentuk tulisan, angka, maupun gambar. Berkat kemajuan teknologi informasi tersebut, sekarang jenis komunikasi yang termasuk ke dalam telekomunikasi makin bertambah jumlahnya.
3. Pengiriman Surat
Setelah berkembangnya teknologi informasi yang diterapkan pada telekomunikasi, pengiriman surat, terutama pengiriman surat jarak jauh, dilakukan dengan  pesawat elektronik, karena itu dikenal nama Pos Elektronik (Electronic Mail). Karakteristik utama dari electronic mail adalah transmisi informasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan metode elektronik penangkapan, pentransmisian, dan penyampaian informasi. Karena informasi disampaikan secara visual, maka teks aslinya tidak perlu dikirimkan. Yang termasuk ke dalam pos elektronik adalah teleks, faksimile, dan komunikasi antar komputer.
4. Tata laksana Arsip/Filing
Komputer mikro sangat membantu dalam hal pelaksanaan pekerjaan mengarsip/filing warkat-warkat. Arsip yang semula berupa tumpukan kertas dan disimpan di gedung arsip, sekarang arsip dapat disimpan di dalam disket-disket, CD, flashdisk. Dengan demikian penyimpanan arsip sekarang beralih kepada penyimpanan dan pemeliharaan  yang memerlukan tempat jauh lebih sedikit dari pada gudang arsip dalam bentuk kertas.

 Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkantoran
Dalam memperkirakan pengaruh teknologi informasi terhadap perkantoran ada beberapa perspektif (harapan) yang perlu dipertimbangkan:
1. Implikasi umum (aspek sosial, ekonomi, dan sebagainya)

  • Investasi di bidang teknologi mungkin akan menimbulkan persoalan-persoalan seperti kebosanan, keterampilan berulang-ulang yang digunakan, serta kehilangan kepuasan kerja.
  • Pekerjaan perkantoran akan banyak mengalami perubahan.
  • Pekerjaan-pekerjaan yang bersifat rutin cenderung diambil alih oleh mesin.
  • Proses dan pengiriman informasi akan semakin cepat.
  • Pekerjaan rutin kantor akan lebih efektif.
  • Keluwesan pelayanan perkantoran dimungkinkan karena ditunjang oleh berbagai variasi peralatan yang tersedia.
  • Komunikasi bisnis internasional akan dilakukan oleh kantor-kantor kecil sekalipun.
2. Implikasi terhadap karyawan kantor
a. Keuntungan:

  • Mendorong untuk belajar keterampilan baru.
  • Pekerjaan-pekerjaan yang menjemukan dapat dialihkan ke mesin- mesin.
  • Lebih mempermudah dan mempercepat penanganan informasi.
  • Lebih mudah dan cepat dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan.
  • Bertambahnya kesempatan dalam bidang pemeliharaan peralatan elektronik, programmer dan rekayasa software .
  • Kesempatan untuk memperpendek hari kerja setiap minggu.
  • Lebih sedikit pekerjaan
b. Kerugian:

  • Cenderung karyawan menjadi “ machine-minders ”.
  • Masalahkesehatan sebagai ekses dari peralatan seperti layar,printer , dan sebagainya.
  • Kehilangan kontak personal, karena penyampaian informasi dilakukan oleh mesin.
  • Implikasi terhadap pemberi kerja.
  • Memerlukan waktu untuk perubahan dari sistem manual ke sistem elektronik.
  • Menimbulkan keresahan pada sementara karyawan pada tahap penerapan.
  • Tidak seluruh software yang tersedia pasti sepenuhnya memenuhi kebutuhan.
Jadi secara keseluruhan keuntungan yang dapat dperoleh perusahaan atau kantor dengan adanya teknologi perkantoran adalah :

  • Penghematan biaya untuk gaji karena berkurangnya pegawai yang dibutuhkan.
  • Harga teknologi baru ini relatif murah.
  • Penghematan biaya ketatausahaan sebagai akibat penyimpangan data di-disk tidak memerlukan ruang seluas filing cabinet .
  • Untuk pengambilan keputusan, data dapat diperoleh, diproses, disimpan, dan dicari secara cepat.
  • Produktivitas meningkat secara cepat.
  • Keluwesan dalam bekerja karena adanya berbagai variasi peralatan untuk berbagai keperluan.
  • Meningkatnya komunikasi antara para eksekutif secara individual dari kantornya.
Otomatisasi Kantor
Otomatisasi Kantor (Office Automation) atau OA adalah Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.

            Otomatisasi Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan. Asal mula otomatisasi kantor di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word processing untuk menjelaskan kegaitan devisi mesin tik listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Para pengguna OA :

  • Manajer, orang-orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama SDM.
  • Profesional, menyumbangkan keahlian khusus yang membedakan mereka dengan sekertaris dan pegawai administrasi.
  • Sekertaris, ditugaskan oleh professional untuk melaksanakan berbagai tugas seperti menangani korespondensi, menjawab telepon dan mengatur jadwal pertemuan.
  • Pegawai administrasi, melaksanakan tugas-tugas untuk sekertaris, seperti mengoperasikan mesin fotokopi, menyusun dokumen, menyimpan dokumen, dll.
Tujuan otomatisasi kantor
Otomatisasi kantor dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan dan memperpendek jarak dan waktu. Untuk lebih jelasnya, tujuan otomatisasi kantor adalah:

  1. Pemanfaatan yang seefisien mungkin atas uang, tenaga kerja, material, waktu dan mesin atau alat-alat kerja.
  2. Pemeliharaan kecepatan dan ketepatan prosedur kerja.
  3. Meningkatkan produksi.
Aplikasi Otomatisasi Kantor

  • Pengolahan Kata (word Processing).
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak.
contoh: Microsoft WordWord PerfectOpen Office, dll

  • Surat Elektronik (electronik mail).
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
contoh: yahoo mail, google mail , dll.

  • Voice Mail.
Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil.

  • Kalender Elektronik (electronik calendaring)
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer dapat memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat perubahan, meneelaah kalender itu dengan menggunakan terminal keyboard. Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi manajer tingkat atas yang yang memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat.

  • Konfrensi Audio
Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk melaksanakan konfrensi. Conference call merupakan bentuk pertama konfrensi audio yang masih digunakan.

  • Konfrensi Video
Penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konfrensi yang tersebar secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan video.

  • Konfrensi Komputer
Penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota tim pemecah masalah bertukar informasi mengenai masalah yang akan dipecahkan.

  • Transmisi Faximile (facsimile transmission)
Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota timpemecah masalah secara mudah dan cepat.

  • Videotex
Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar materi narasi dan grafik yang tersimpan.

  • Desktop Publishing
Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat baik. Tampilan layar persis sama dengan salinan kertas yang akan dihasilkan oleh printer laser.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan aplikasi Otomatisasi Kantor

  1. Jenis Organisasi, yaitu seorang manajer diperusahaan dengan satu lokasi tidak akan mempertimbangkan konferensi audio dan video.
  2. Pilihan pribadi, manajer yang memilih komunikasi tatap muka tertarik pada konferensi video dan memanfaatkan kalender elektronik.
  3. Sumber daya OA yang tersedia paduan manajer dibatasi oleh sumber oleh sumber daya OA yang tersedia dalam perusahaan.
Kesimpulan
Sistem teknologi informasi adalah serangkaian proses untuk memperoleh, mengolah dan mnyebarluaskan informasi dalam satu lingkungan system organisasi. Teknologi imformasi sendiri dewasa ini sangat dibutuhkan dalam pengelolaan kantor yang modern,bahkan bukan hanya dalam kantor saja,semua bidang sudah banyak membutuhkan. Ada tiga komponen utama teknoloogi informasi, yaitu komputer, mikro elektronik, dan telekomunikasi. 

Peran teknologi informasi dalam pekerjaan kantor diantaranya sangat membantu dalam hal penanganan surat dan pembuatan laporan, komunikasi  perkantoran, pengiriman surat  maupun tata laksana arsip/filing. Oleh karena itu mau tidak mau teknologi informasi pasti berpengaruh terhadap manajemen perkantoran, setidaknya pengaruh tersebut bisa terlihat secara umum dari aspek sosial, ekonomi, dan lainnya, serta membawa dampak positif maupun negatif terhadap karyawan kantor sendiri. 

Teknologi imformasi dalam manajemen perkantoran erat kaitannya dengan otomatisasi kantor, pekerjaan kantor yang mengalami otomatisasi dengan teknologi informasi diantaranya pengolahan kata (word processing), surat elektronik (electronik mail), voice mail., kalender elektronik (electronik calendaring), konfrensi audio. konfrensi video, konfrensi komputer, transmisi faximile (facsimile transmission), dan juga desktop publishing.

Saran
Dari uraian pemaparan diatas, kami bisa memberikan saran sebagai berikut :

  1. Kepada manajer kantor untuk lebih mengefektifkan penggunaan teknologi informasi yang lebih efektif, karena penggunaan TI tergantung pada penggunanya sendiri. TI akan sangat membantu dalam pekerjaan kantor dan mengelola kantor secara lebih efektif dan efisien
  2. Kepada para pengguna TI secara umum, untuk lebih bijak dalam menggunakan TI, jadikan TI sebagai lahan potensial untuk bisa membangun kapasitas diri yang lebih baik, bahkan untuk dewasa ini tidak ada hal yang tidak mungkin dengan penggunaan TI.
  3. Kepada para mahasiswa khususnya mahasiswa Administrasi P{endidikan untuk lebih mengingkatkan lagi penguasaan dalam bidang teknologi informasi, hal ini akan sangat berguna pada kompetensi diri secara baik sebagai bekal untuk mengahadapi dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Custom Search
[url=https://www.bukalapak.com/p/komputer/hardware-aksesoris/lain-lain-241/22q2k-jual-promo-aksesoris-pc-notebook-mouse-hub-etc-surabaya?utm_source=embed&utm_medium=forum&utm_content=image&utm_campaign=bbcodelapak][center][img]https://s3.bukalapak.com/system/images/7/8/0/0/5/7/8/large/1a.JPG[/img][/center][/url] [center][size="3"][url=https://www.bukalapak.com/p/komputer/hardware-aksesoris/lain-lain-241/22q2k-jual-promo-aksesoris-pc-notebook-mouse-hub-etc-surabaya?utm_source=embed&utm_medium=forum&utm_content=caption&utm_campaign=bbcodelapak][color=#a30046][b][u]Foto lainnya ada di sini, Gan[/u][/b][/color][/url][/size][/center] [center][size="6"][url=https://www.bukalapak.com/p/komputer/hardware-aksesoris/lain-lain-241/22q2k-jual-promo-aksesoris-pc-notebook-mouse-hub-etc-surabaya?utm_source=embed&utm_medium=forum&utm_content=title&utm_campaign=bbcodelapak][color=#a30046][b][u]Jual Promo Aksesoris PC Notebook Mouse,hub,etc Surabaya[/u][/b][/color][/url][/size] [size="5"][b]Rp 100.000,-[/b][/size][/center] [color=#a30046][b]Deskripsi Barang:[/b][/color] Boom Promo ALL NEW 3 Paket aksesories langka PC dan Notebook Laris manis: Paket 1. -2 Unit mouse Sony Vaio & Wayang @25Rb. -2 Usb hub 4 port bentuk Kelinci @25Rb. -2 Gamepad welcome single USB @25Rb. Beli Paket 1 Semua harga Rp. 100Rb. saja Paket 2. -2 Headset Scullcandy Lowrider & Advance CM-990 @50Rb. -2 Mouse bentuk Hellokitty (badan) & Mobil/Car @50Rb. -2 Hardware: Webcam itech 5Mp & LAN Tester combo USB @50Rb. Beli Paket 2 Semua harga Rp. 200Rb. saja Paket 3. -1 Speaker Angel Bulat Vissi8 (bisa baca USB) @1000Rb. -1 MP3 Bentuk Apple 4Gb Memory Internal (bisa Radio) @100Rb. -1 Speaker bentuk Robor ANDROID (SUARA Mantab) @100Rb. Beli Paket 3 Semua harga Rp. 250Rb. saja Paket Promo Hardware: - Mouse Wireless Logitech M187 135rb. - Power bank Advance 3000mah @75rb. - Modem GSM ZTE rb. - Modem GSM Wifi ZTE MF70 (MIFI) @335rb. - Harddisk External Seagate/Toshiba 500Gb @625rb. - Harddisk External Seagate/Toshiba 1Tb @840rb. Beli 1 Paket Promo Hadware ini Bonus 1 CDBag isi 80 Dimana lagi, Sudah Harga murah dapat potongan dan bonus lagi... Minat??? Hubungcall/sms) OK ============================ Buruan Sebelum stok Habis, siapa cepat dia dapat! Beli Paketan Promo 1,2,3 sekaligus dapat lagi potongan KHUSUS. NB. -Melayani Pengiriman Luar kota/Pulau. -untuk jelasnya Paket 1,2,3 LIHAT FOTO. -Maaf call/sms tak dijawab artinya stok sudah habis.